10 Manfaat Jogging yang Luar Biasa

Jogging bisa menjadi pengalaman yang melelahkan. Saya membencinya untuk sebagian besar hidup saya. Perlahan-lahan tumbuh pada Anda dan hanya beberapa yang berhasil memberikan pelukan sepenuh hati Manfaat Jogging. Sayangnya, 

Sayangnya, kebanyakan di sekitar kita menyerah, karena kurangnya stamina dan semangat. Tidak dapat disangkal, Manfaat Jogging adalah salah satu cara termudah untuk tetap bugar dan membakar kalori ekstra, tetapi Anda tidak dapat berharap untuk menyelesaikan lari 5k dengan mudah pada hari pertama Anda. Saya percaya lari dan jogging berjalan beriringan. 

Dari atlet jarak jauh hingga sprinter, semua mengandalkan jogging baik untuk tujuan pemanasan maupun untuk mengendurkan otot. Jogging dapat dengan tepat disebut sebagai pintu gerbang Anda untuk berlari. 

Ketika dilakukan selama jangka waktu tertentu, itu membangun stamina Anda secara signifikan, mempersiapkan Anda untuk sprint atau maraton.

“Manfaat Jogging memiliki banyak manfaat kesehatan. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan olahraga berat, joging sangat berguna. Ini adalah olahraga penting untuk semua orang. Anda joging untuk pemanasan sebelum lari besar dan Anda joging untuk mendinginkan diri. baiklah,” 

Kata Pelatih Ravinder, penggila lari dan pelatih; anggota tim, Run with Me Foundation. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menghubungkan tingkat kematian yang rendah dengan jogging yang konsisten. 

“Sebagai bagian dari Studi Jantung Kota Kopenhagen, 1.098 pelari sehat dan 3.950 non-pelari sehat telah ditindaklanjuti secara prospektif sejak 2001. Temuan menunjukkan hubungan berbentuk U antara semua penyebab kematian dan dosis jogging yang dikalibrasi dengan kecepatan, kuantitas , dan frekuensi jogging. 

Lari ringan dan sedang memiliki angka kematian yang lebih rendah daripada orang yang tidak berolahraga, sedangkan pelari yang berat memiliki tingkat kematian yang tidak berbeda secara statistik dari kelompok yang tidak banyak bergerak,” kutipan dari penelitian yang diterbitkan oleh Elsevier Inc.

Manfaat Jogging Versus Running Kebanyakan ahli kebugaran mendefinisikan jogging sebagai aktivitas yang dilakukan dengan kecepatan 6 mph atau kurang, apa pun di luar itu akan memenuhi syarat sebagai berlari. Terlepas dari kecepatan yang lebih lambat, banyak faktor lain yang membedakan joging dari lari. 

Saat joging, kontak kaki kita dengan tanah adalah maksimum sedangkan ketika kita berlari, itu melibatkan kontak minimum antara kaki dan tanah. “Inilah tepatnya mengapa joging lebih menahan beban jika dibandingkan dengan lari cepat. Anda mengembangkan lebih banyak otot dan membakar lebih banyak kalori dari sprint, tetapi joging memberi Anda daya tahan, membangun stamina, dan secara bertahap mempersiapkan otot Anda untuk berlari lebih cepat dan lebih lama, ” 

Catat Pelatih Ravinder. Joging tidak keras pada tubuh Anda. Latihan intensitas rendah ini dapat dilakukan oleh semua orang, dan bisa menjadi alat yang efektif untuk menurunkan berat badan. Jika tujuan Anda adalah menjaga berat badan dan tetap bugar, jogging bisa menjadi pilihan terbaik Anda, tetapi jika diet Anda tidak sehat, semuanya akan sia-sia dan Anda mungkin tidak akan pernah melihat hasil apa pun.

“Manfaat Jogging adalah salah satu cara yang bagus untuk memulai rezim kebugaran Anda. Hanya 30 menit jogging dapat melakukan banyak hal untuk tubuh Anda. Anda bahkan dapat memulai dengan jogging ringan 15-20 menit dan secara bertahap meningkatkan kecepatan atau durasinya. Setelah dua sampai tiga minggu Anda bersiap untuk melakukan lari pertama Anda. 

Mulailah dengan setengah kilometer dan mainkan dengan kecepatan, jarak, atau durasi Anda. Secara keseluruhan, itu harus progresif, konsisten, dan bekerja sama dengan diet seimbang, “kata Shwetambari Shetty, Pelatih Nike Elevated, India dan Co-founder, The Tribe Fitness Club, Bangalore.Manfaat Jogging

1. Meningkatkan aliran darah dalam tubuh

2. Baik untuk kesehatan jantung

3. Membantu dalam pemeriksaan kolesterol (bila dilakukan secara teratur dan dibarengi dengan diet seimbang)

4. Baik untuk kesehatan tulang

5. Membantu dalam penurunan berat badan dan manajemen berat badan

6. Membantu membangun stamina dan daya tahan

7. Mempersiapkan Anda untuk aktivitas yang lebih intens dan penuh semangat

8. Memperkuat otot

9. Membantu menghilangkan stres

10. Meningkatkan kapasitas paru-paru dan proses respirasiHal-hal yang Perlu Diingat

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, joging lebih sulit pada sol Anda, yang membuatnya penting untuk Manfaat Jogging di trek yang lebih lembut, lebih disukai trek lumpur. Hindari trek beton sepenuhnya. 30 menit jogging di treadmill baik-baik saja, tidak lebih dari itu. 

Manfaat Jogging membangun stamina Anda dan membantu tingkat daya tahan Anda, jika Anda mencari hasil yang lebih baik, perhatikan pola makan Anda dan bertujuan untuk meningkatkan jarak Anda sebesar 10% setiap minggu. Saat Anda berlari untuk jarak yang lebih jauh, Anda bahkan dapat mulai meningkatkan kecepatan Anda. 

Itulah 10 manfaat jogging yang luar biasa bisa anda lakukkan di kehidupan sehari hari agar hidup sehat dan fisik yang kuat!!!!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *