2+ Alasan Kenapa Harus Berkunjung ke Rokan Hulu (Rohul) Riau

2+ Alasan Kenapa Harus Berkunjung ke Rokan Hulu (Rohul) Riau
iniPKU.com – Destinasi wisata yang ada di Rokan Hulu (Rohul), seperti Masjid Agung Madani Nasional Islamic Center, wisata Air Terjun, wisata mandi Air Panas (Hapanasan), Wisata Bukit Suligi, dan banyak lagi.
KenapaHarus. Ada apa di Rokan Hulu, kenapa harus berkunjung ke sana ? Mungkin dari judul ada banyak pertanyaan yang muncul. 
Apa hal penulis membuat alasan penting agar anda berkunjung ke salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau, yaitu Kabupaten Rokan Hulu. 
Kira-kira ada apa yah di Rohul ? KenapaHarus berkunjung kesana, yuk simak ulasan singkat dari hasil pengalaman yang saya sudah tiga kali berkunjung kesana.
Pertama, Tujuan Wisata. Salah satu tujuan wisata religi yang membuat anda harus datang ke Rohul, yaitu adanya Masjid Agung Madani Nasional Islamic Center MAMIC Rokan Hulu. 
Masjid ini letaknya di Jl. Tuanku Tambusai KM.4, Pematang Berangan, Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau 28558
Tidak hanya wisata religi, Rokan Hulu juga kaya akan destinasi wisata air terjun (Aek Martua), wisata diatas awan (Bukit Suligi), dan lainnya.
Nah, jadi tidak kalah serunya jika waktu luang anda manfaatkan untuk berkunjung ke Rokan Hulu, menikmati berbagai destinasi wisata yang ada disana. Itulah alasan pertama kenapa harus ke Rokan Hulu.
Kedua, Tujuan Sejarah. Alasan kedua kenapa harus ke Rokan Hulu, yapz…kita sebagai manusia tak akan bisa lepas dari sejarah. 
Oleh karena itu, tujuan sejarah bisa menjadi pilihan anda kenapa harus ke Rokan Hulu. Salah satu sejarah yang bisa anda pelajari, yaitu Istana Rokan.
Seperti dilansir dari Rokanhulukab.go.id Istana ini letaknya di Desa Rokan IV Koto yang mana berjarak sekitar 46 KM dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Rokan Hulu. 
Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua dan empat untuk dapat menuju ke Istana Rokan tersebut, bisa juga kok jalan kaki atau pake sepeda….wkkk, sesuai selera kawan-kawan aja yah, enaknya pake apa.
Usia istana yang diperkirakan sekitar 200 tahun, yang mana dibangun pada saat pemerintahan Kesultanan Nagari Tuo. Model atau bentuk Istana Rokan, banyak warga yang mengikuti model bangunan istana yang merupakan Khas Melayu.
Salah satu nilai sejarah yang ada di Istana Rokan yang mana langsung dapat kita lihat yaitu pada tiga tangga yang melambangkan Kekerabatan Masyarakat Rokan IV Koto pada masa itu.
Tiga tangga yang melambangkan itu, mempunyai arti sebagai Penguasa, Adat dan Alim Ulama. Tidak hanya itu, ada juga rumah persukuan, seperti Rumah Suku Mais, Suku Modang, dan Suku Melayu.
Nah, itulah alasan kedua kenapa harus ke Rokan Hulu, supaya kita juga bisa belajar nilai-nilai sejarah, mulai dari kebudayaan masyarakat masa lalu, sekarang dan masa mendatang.
Ketiga, Tujuan Kerja. Tidak hanya menjadi tujuan wisata dan pembelajaran sejarah, Kabupaten Rokan Hulu juga bisa menjadi tujuan kerja bagi banyak masyarakat yang ingin merantau kesana.
Peluang kerja yang masih terbuka untuk masyarakat datang, seperti berdagang atau mencoba untuk berwirausaha, bertani dan berkebun, dan lainnya. 
Siapa tau ya kan…pas anda berkunjung sekadar untuk menikmati wisata, terus mengenal sejarah, eh…malah dapat kerjaan..kan bisa aja terjadi…selamat mencoba !
Yuk berkunjung ke Rokan Hulu, sebagai salah satu tujuan wisata, tujuan sejarah, dan tujuan kerja. Itulah salah satu tujuan destinasi wisata yang ada di Provinsi Riau. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *