Monumen Pesawat A-4E Skyhawk Bisa dijadikan Edukasi untuk Anak

Monumen Pesawat A-4E Skyhawk Bisa dijadikan Edukasi untuk Anak
iniPKU.comAnak akan sangat senang jika mereka diajak ke tempat yang terbuka, seperti lingkungan ramai, sebut saja pusat perbelanjaan, taman, dan tempat yang outdoor. Pada intinya kita mengajak dan mengajarkan anak untuk dapat melihat dan mengamati langsung lingkungan serta fenomena yang terekam oleh ingatan anak tersebut.
Liburan sederhana untuk anak-anak. Sering lewat Jalan Rawa Mulya atau lebih tepatnya di komplek Auri/depan gerbang TNI AU yang berdekatan dengan Bandara Sultan Syarif Kasim II Kota Pekanbaru. Pasti kita melihat sekilas rangka pesawat yang ada di depan gerbang tersebut.
Apa yang terlintas ? Pernahkah kita berhenti sejanak, untuk mampir melihat-lihat, atau hanya sekadar berswafoto bersama keluarga dan anak-anak kita ? Mungkin tidak terpikirkan oleh kita, yang sering berlalu lalang melewati jalur tersebut.
Saya juga merasakan hal yang sama, ketika lewat dan melihat pesawat itu, tak ada pikiran untuk berhenti disana. Dan baru tadilah ketika sore saya melintas, saya melihat beberapa keluarga yang berhenti dan bermain serta berswafoto dengan buah hati mereka.

Lantas, saya pun berhenti dan ikut melihat pesawat tersebut. Sangat gembira, saya melihat raut wajah dan tingkah anak-anak tersebut. Menikmati sekali, waktu senggang dengan keluarga, ayah dan ibuknya.
Cara ini sebenarnya dapat memberikan dampak positif bagi anak tersebut, karena anak-anak itu mendapatkan pendidikan tentang mengamati dunia luar, dan belajar sejarah. Nah, dalam hal ini Monumen Pesawat yang ada di depan gerbang TNI AU/Auri menjadi pembelajaran yang mendidik anak-anak tersebut. Karena mereka mengenal rangka pesawat secara lebih dekat, ini berdampak baik bagi daya minat anak tersebut.

Bisa saja daya minat ini memacu anak-anak dalam menumbuhkan kemampuan berpikir, dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan luar, karena ada orang lain atau keluarga lain yang juga menikmati sore bersama di sekitaran Monumen Pesawat tersebut.
Nah, beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari usaha kita mengajak anak-anak untuk berlibur di ruang terbuka atau dalam hal ini di Monumen Pesawat TNI AU Pekanbaru (Auri), yaitu sebagai berikut :
Pertama, sebagai upaya membangun kedekatan dengan keluarga. Biasanya ayah/ibuk tidak terlalu memperhatikan anaknya karena dalam kesibukan bekerja, dan kepentingan lainnya. Oleh karena itu, cara mengajak anak untuk berlibur di monumen pesawat ini sangatlah baik. Karena anak dapat menjalin kebersamaan dengan keluarga, serta dapat menambah daya nalar/ide seorang anak, karena terbantu dengan bentuk pesawat yang anak-anak lihat secara langsung.
Kedua, dapat meningkatkan nilai-nilai sejarah yang bisa dilihat oleh anak tersebut, yaitu dalam hal ini relief/rangka pesawat tersebut, sebagai monumen dan sejarah perjuangan para TNI AU Indonesia.
Ketiga, dapat memberikan sebuah pengalaman baru terhadap daya ingat anak. Hal ini dapat memberikan pengaruh kepada daya pikir serta ide dan motivasi anak akan tumbuh dengan baik. Apalagi keharmonisan dan kebersamaan sudah terjalin dengan baik dalam keluarga.

Nah, itulah yang tadi saya lihat dari ceria dan gembiranya anak-anak bermain, bercengkrama, serta tertawa bersama keluarga mereka, pada saat berswafoto, saya melihat anak-anak dan ayah serta ibuknya mengekspresikan kegembiraan yang luar biasa. Kamu bisa mencobanya dan mengajak anak-anak tidak hanya fokus pada ruang belajar di sekolah saja.
Monumen Pesawat A-4E Skyhawk Bisa dijadikan Edukasi untuk Anak

Sumber Informasi : TNI AU

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *